Selasa, 14 Desember 2010

Agar Modem Panjang Umur

Device yang saat ini sedang membooming di dunia IT adalah Modem. Secara ilmiah mbak Wikipedia menjelaskan bahwa modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Intinya, modem ini digunakan untuk mengakses internet dengan bantuan sinyal dari provider yang digunakan. (Biasanya sih make modem kalo uda ga kebagian koneksi wiFi di kampus..hoho) Modem yang biasa digunakan yaitu modem GSM dan modem CDMA. Bagi yang suka ber-internet ria, pasti punya minimal satu buah modem. Trus gimana sih biar modem yang kita punya bisa panjang umur atau awet? Tau kan kalo sesuatu itu tergantung dari penggunaannya? Untuk meminimalisir kerusakan pada modem, ada baiknya kita ikuti steps berikut:

1. Pakailah modem apabila anda perlu,  jangan memakai modem setiap detik (ada waktu istirahatnya).
2. Pastikan modem anda terpasang secara kuat pada komputer, karena kalau kendor akan mudah terlepas dari komputer anda.
3. Jauhkan modem anda dari jangkauan anak kecil. (*kali aja yang punya adek di rumah, hayooh waspadalah....)
4. Jangan terlalu sering memakai barang elektronik, karena setiap barang elektronik ada lifetime nya (masa hidup).
5. Jangan menyimpan modem anda disembarang tempat (didekat air atau tempat yang lembap) simpanlah ditempat tertutup (seperti lemari). Yaps ini penting, karena selain tidak baik, penaruhan di sembarang tempat ini bisa mengancam keamanan modem kita dari "maling",hehe
6. Untuk menghindari tamu yang tak diundang (maling/pencuri/rampok), jangan disimpan ditempat terbuka dan gampang terlihat dari jendela. Nah, hampir sama lah sama step ke 5..
7. Ini yang paling penting jangan sekali-kali anda mencabut modem dari komputer tanpa melakukan safety remove hardware, apalagi anda sedang melakukan download (“mengambil” data dari internet) maupun upload (“memasukkan” data ke internet).

Nah itu tadi steps merawat modem yang baik agar modem kita panjang umur, semoga bisa bermanfaat bagi kita....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar