Kamis, 09 Desember 2010

Pembelajaran Berbantuan Komputer – CAI (Computer Assisted Instructions) dalam Pembelajaran TIK

Perkembangan teknologi telah memberikan inovasi-inovasi baru, salah satunya dalam perannya di dunia pendidikan. CAI sebagai salah satu inovasi dari ranah teknologi memberikan keuntungan utamanya dalam membantu penyampaian materi pembelajaran baik yang diserap berupa kognitif maupun psikomotor oleh siswa atau pelajar.
CAI begitu erat hubungannya dengan perangkat komputer sehingga dalam prakteknya, CAI juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan ini terjadi jika teknologi yang mendukung belum seluruhnya memadai dalam pelaksanaan pembelajaran. Misalnya ingin menyampaikan materi dengan menggunakan model pembelajaran tutorialdan simulasi dengan komputer, namun tidak tersedianya perangkat komputer atau misalnya tidak tersedianya lcd projector, maka pembelajaran CAI ini tidak bisa dilakukan.
Dalam penerapan CAI tidak hanya diperlukan fasilitas –dalam hal ini software dan hardware- yang memadai, namun juga sangat diperlukan rancangan kreatif dari seorang guru –dalam hal ini bertindak sebagai pengembang/brainware- yang nantinya mampu mengemas model pembelajaran CAI kepada siswa, tidak hanya memahamkan, namun juga mampu menumbuhkan motivasi dan ketertarikan siswa dengan adanya CAI. Dengan munculnya ketertarikan terhadap sesuatu, maka motivasi belajar bisa tumbuh selanjutnya siswa akan mendorong dirinya untuk memahami sesuatu yang dalam hal ini yaitu materi pembelajaran.

Bagaimana CAI bisa digunakan untuk pembelajaran TIK untuk aspek kognitif dan psikomotor?
CAI, sebagaimana yang telah diketahui, merupakan kegiatan proses pembelajaran yang menggunakan bantuan komputer. Sedangkan dalam pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan komunikasi) komputer bertindak sebagai media utama. Pembelajaran TIK bukanlah pelajaran yang hanya berbasis filosofi atau teoritis saja melainkan lebih ke praktek dan pengoperasian suatu objek –dalam hal ini komputer-, sehingga tanpa adanya komputer sebagai media, pembelajaran TIK akan sulit dilaksanakan.
Model-model CAI yang bermacam-macam ini bisa diaplikasikan ke dalam pembelajaran TIK. Contoh sederhana pada materi pembelajaran Microsoft Excel 2007 pada siswa SMP, siswa harus terlibat langsung pada program sehingga materi bisa tersampaikan. Model yang digunakan bisa dengan CAI tutorial, yaitu tayangan interaktif yang berisi bagaimana penggunaan Ms. Excel beserta simulasi penggunaan tools dan rumus-rumus yang terdapat dalam Ms. Excel tersebut. Tayangan ini bisa disuguhkan dalam bentuk Flash player atau video. Dengan mengikuti tutorial interaktif yang mengikutsertakan gambar, teks, animasi dalam tayangan tersebut, siswa cenderung lebih tertarik dan lebih memperhatikan. Tutorial ini dapat dilengkapi dengan soal-soal interaktif dan secara langsung bisa mengevaluasi hasil belajar siswa. Dengan ini siswa akan tumbuh rasa ingin berlatih dan terus mengulang jika hasil kurang memuaskan.
Masih banyak contoh CAI yang bisa dikembangkan dalam rangka pembelajaran TIK. Dengan CAI ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas SDM dan pendidikan dengan bantuan komputer sebagai media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar